Pendidikan "Pindah" Kelas Ala SD Muhammadiyah Sapen | SEKOLAH RUJUKAN NASIONAL VERSI KEMDIKBUD

Pendidikan "Pindah" Kelas Ala SD Muhammadiyah Sapen
administrator website | Thursday, 23 April, 2020
Pendidikan "Pindah" Kelas Ala SD Muhammadiyah Sapen


Pandemi covid 19 telah mengubah segalanya. Proses pembelajaran yang biasanya dilakukan dikelas dipindah ke rumah untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Pembelajaran dilakukan secara daring.

Mensikapi pembelajaran daring, segenap tenaga pendidik SD Muhammadiyah Sapen bahu membahu secara berjamaah menyiapkan segala hal berkaitan dengan perangkat dan model pembelajaran yang diharapkan lebih komunikatif, menyenangkan, dan membuat peserta didik lebih kreatif.

Pembelajaran bukan sekedar pemberian materi atau tugas, tetapi bentuknya tidak jauh berbeda dengan apa yang didapatkan peserta didik seperti hari-hari biasanya melalui kolaborasi media digital dan channel youtube SapenTv. Siswa bisa langsung mengikuti kegiatan pbm layaknya seperti tatap muka biasa dengan menggunakan alat bantu komunikasi android atau laptop.

Pembelajaran daring sebenarnya sudah lama dilakukan SD Muhammadiyah Sapen jauh sebelum perangkat android dilengkapi dengan fitur-fitur kekinian dengan menggunakan alat skype. Berbeda dengan pola pembelajaran kala itu, guru bertugas seperti biasa dan siswa di belahan dunia lain mengikuti bersama siswa lainnya yang berada di kelas.

Dalam konteks pembelajaran daring belakangan terakhir ini, guru bak artis di layar TV menyapa peserta didik dengan penuh sikap ramah dari layar kaca seolah tidak berjarak antara guru dan peserta didik melalui video pembelajaran yang sudah disiapkan sebelumnya.

Kepiawaian guru lebih terlihat dalam meramu model pembelajaran daring yang menarik dan interaktif menjadikan peserta didik merasa nyaman selama belajar di rumah, tetapi juga kemampuan dalam bermain peran yang disyuting melalui video dan diedit sedemikian rupa sesuai dengan tema pembelajaran menjadikan pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.

Tak ayal, video-video pembelajaran guru-guru SD Muhammadiyah Sapen banyak digunakan masyarakat pendidik di berbagai daerah digunakan untuk pembelajaran daring di kelasnya. Respon positif pun datang bermunculan mengisi komen media sosial sekolah. "Alhamdulillah apa yang menjadi ikhtiar kita bisa digunakan oleh teman-teman guru lainnya dan bisa membantu mereka dalam pembelajaran", ungkap Arif Rahmanto, pengarah gambar dan editor, SapenTv.

 
 
Other News
 
Monday, 30 March, 2020
Kompetisi Sains Nasional Dua Siswa Sapen Melaju ke Tingkat Propinsi DIY
Dua siswa SD Muhammadiyah Sapen berhasil menjadi juara 1 Kompetensi Sains Nasional Tingkat Kota Yogyakarta, Keduanya adalahKhaira kinasih untuk bidang…
Saturday, 05 November, 2022
Siswa Kelas 4 Belajar Luar Ruang di TPST Piyungan
Permasalahan sosial tentang sampah merupakan masalah yang memiliki kompleksitas yang sangat tinggi. Kompleksitas masalah berkaitan dengan masih rendahnya tingkat kesadaran…
Saturday, 08 April, 2017
Siswa Sapen akan "Geruduk" Kampus IPB Bogor
Sejumlah 30 siswa Sapen akan maju ke babak final ajang Olimpiade Matematika tahunan yang bertajuk Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR)…
 
 
SAPEN RADIO




SAPEN RADIO MENGEDUKASI TIADA HENTI


 
Latest Agenda
 
 
Polling
Do you think this website has complete information?
Polling Result
Do Not Know
134
Less
200
Enough
143
Good
201
Excellent
1751
 
 
Comparative Study
 
 
Link

Visitor Count:
13.778.898