10 Buah Puisi Karya Anak Sapen Hiasi Antologi Puisi "Kurcaci Berpuisi" | SEKOLAH RUJUKAN NASIONAL VERSI KEMDIKBUD

10 Buah Puisi Karya Anak Sapen Hiasi Antologi Puisi "Kurcaci Berpuisi"
administrator website | Tuesday, 22 November, 2016
10 Buah Puisi Karya Anak Sapen Hiasi Antologi Puisi "Kurcaci Berpuisi"

Antologi Puisi Anak Indonesia “Kurcaci Berpuisi” diluncurkan bersama puluhan anak-akan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Minggu (6/121). Antologi Puisi Anak Dwi bahasa ini merupakan terbitan perdana penerbit Reboeng. Sepuluh di antara karya puisi tersebut adalah karya anak-anak SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta.

Menurut kritikus sastra muda sekaligus penyair Narudin Pituin, acara peluncuran “Kurcaci Berpuisi” yang mengundang sejumlah komunitas anak di Jakarta ini merupakan acara yang bagus. Sebab dapat menggugah semangat bersastra bagi anak.

“Acara ini bagus, dapat menggugah semangat bersastra bagi anak secara langsung dan orang tua secara tak langsung,” kata Narudin yang juga berperan sebagai penerjemah Antologi Puisi Anak Indonesia ini kepada nusantaranews.co.

Selain itu, lanjut pria muda multitalenta ini, dengan hadirnya “Kurcaci Berpuisi” terbitan Reboeng yang diprakarsai oleh Nana Ernawati, penguasaan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia anak akan semakin semarak di zaman global ini.

“Ini bentuk lain dari kegembiraan bahasa dan sastra. Karena orang akan lebih membuka mata secara lebih arif dan terbuka,” lanjut Narudin.

Sementara itu, Nana Ernawati selaku Ketua Lembaga Seni dan Sastra (LSS) Reboeng sekaligus pengampu penerbit Reboeng menerangkan bahwa, “Kurcaci Berpuisi” disebut sebagai terbitan perdana, karena selama ini buku-buku Reboeng diterbitkan oleh penerbit lain.

“Antologi Puisi Anak Indonesia ini adalah sebuah buku puisi yang ditulis seluruhnya oleh anak-anak dari seluruh Indonesia. Buku tersebut diulas mendalam oleh seorang psikolog yang memahami masalah-masalah budaya, DR Dono Baswardono dan seorang Children’s Literature Specialist, DR Murti Bunanta,” terang Nana Ernawati, seperti dikutip dari catatan facebook-nya, 22 Oktober 2016 lalu.

Lebih lanjut, Nana mengatakan “Kurcaci Berpuisi” dihiasi oleh ilustrasi yang dikerjakan oleh 8 ilustrator buku anak yang tergabung dalam Kelir (Perkumpulan Ilustrator) dan kurator Joko Pinurbo serta Dhenok Kristianti. Adapun layouter / editor ialah 2 anak muda Madura yaitu Mawai dan Nurul Ilmi Elbana. Sementara untuk Cover buku dilukis oleh pelukis cilik 8 th Sashi Kirana yang dilayout oleh Yose Sulawu.

“Sungguh sebuah karya bersama yang indah,” ujar Nana.

Sebagai informasi, acara peluncuran “Kurcaci Berpuisi” d

 
 
Other News
 
Thursday, 15 February, 2018
Kejuaraan Nasional Panahan Bupati Kebumen Cup 2018, Sapen Archery Club Dominasi Juara
Sapen Archery Club berhasil mendominasi kejuaraan nasional panahan Bupati Kebumen # 2 Archery Open Tournament tahun 2018 yang dilangsungkan di…
Monday, 13 March, 2017
Tim Robotika Sapen Sabet Trophy Gubernur DIY
Sapen berhasil menambah koleksi prestasi juara. Kali ini prestasi juara disumbangkan tim robotika yang berhasil keluar sebagai juara umum Olimpiade…
Monday, 15 February, 2021
Alumni Sapen Dominasi Juara Kompetisi Sains Nasional (KSN) 2020
Sebuah tradisi berprestasi kembali ditorehkan alumni Sapen dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat nasional tahun 2020. Maulana Satya Adigama berhasil…
 
 
SAPEN RADIO




SAPEN RADIO MENGEDUKASI TIADA HENTI


 
Latest Agenda
 
 
Polling
Do you think this website has complete information?
Polling Result
Do Not Know
134
Less
200
Enough
143
Good
201
Excellent
1751
 
 
Comparative Study
 
 
Link

Visitor Count:
13.785.169