Antara Sapen dan Brunei Sebuah Catatan Sharing Pendidikan | SEKOLAH RUJUKAN NASIONAL VERSI KEMDIKBUD

Antara Sapen dan Brunei Sebuah Catatan Sharing Pendidikan
administrator website | Wednesday, 25 September, 2019
Antara Sapen dan Brunei Sebuah Catatan Sharing Pendidikan


Ada sebuah catatan menarik dari sharing pendidikan yang diadakan SD Muhammadiyah Sapen pada Rabu, 10/9. Sharing yang menghadirkan guru tamu spesial dari negara Brunei ini mengambil tema The Schooling in Brunei.

Allison, guru yang menjadi guru tamu di SD Muhammadiyah Sapen, memaparkan tentang penyelenggaraan pendidikan di negara Brunei. Salah satu paparannya yang menarik adalah sekolah di Brunei menekankan pada tiga materi pokok dalam pembelajarannya, yang dikenal dengan akronim EMS.

EMS merupakan kependekan dari English, Math and Science. Istilah ini sangat populer di kalangan warga sekolah Sapen dengan program CIMIPA. Program ini menitikberstkan pada pembelajaran tiga bidang studi Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA. Di negara Malaysia, istilah ini dikenal dalam dual languages program.

Sedikit kesamaan ini menjadi point penting bagi sekolah-sekolah di Brunei dan SD Muhammadiyah Sapen. SD Muhammadiyah Sapen selangkah lebih maju karena konsep CIMIPA tidak sekedar belajar tentang teori, tetapi meliputi praktik langsung yang selama jni dilaksanakan di Fakultas Kedojteran Hewan UGM.

Hanya berbeda dengan SD Muhammadiyah Sapen, kompetensi penguasaan bahasa Inggris siswa di Brunei di atas rata-rata kemampuan siswa Sapen. Sekolah-sekolah di Brunei menggunakan kurikulum Cambridge dan standar kemampuan berbahasa Inggrisnya menggunakan standar UK.

Dalam proses pembelajaran, sekolah+sekolah di Brunei lebih menitikberatkan pada learning proses bukan the result of learning, sehingga siswa merasa enjoy dan banyak mengalami pengalaman belajar. Interaksi siswa, kerjasama antar siswa, dan pengalaman belajar lebih mwndominasi dalam pembelajaran. Media pembelajaran merupakan hal yang sangat urgent dalam proses pembelajaran.

Kegiatan sharing endidikan yang diikuti guru dan karyawan SD Muhammadiyah Sapen telah memberikan wawasan pengetahuan pada guru dan karyawan untuk lebih memacu kemampuan kualitas diri dan merubah mindset menuju insan pembelajar yang harus mampu berakselerasi mengikuti perkembangan dan perubahan jaman yang demikian cepat.

 
 
Other News
 
Friday, 30 March, 2018
Fantastis, 268 Siswa Sapen Lolos ke Babak Semi Final Olimpiade Sains Kuarks 2018
Babak penyisihan Olimpiade Sains Kuarks sudah dilaksanakan di masing-masing daerah 28 Februari 2018 lalu. Hasilnya sudah diumumkan pada Rabu, 28…
Friday, 11 May, 2018
Sapen Juara Basket AntarSD Tingkat DIY, Assist Basket School 2018
Assist Basket Ball (ABS) Cup 2018, akhirnya menjadi milik SD Muhammadiyah Sapen setelah di babak final berhasil mematahkan perlawanan sengit…
Tuesday, 20 February, 2018
Sebelas Siswa Sapen Wakili Indonesia Olimpiade Matematika Tingkat Asia
Sejumlah sebelas siswa SD Muhammadiyah Sapen bertolak menuju Bangkok untuk maju babak final Olimpiade Matematika yang bertajuk Thailand International Mathematical…
Friday, 23 July, 2021
Begini Cara SD Muhammadiyah Sapen Peringati Hari Anak Nasional
SD Muhammadiyah Sapen memiliki cara istimewa untuk ikut memeriahkan Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli. Hal itu diperingati…
 
 
SAPEN RADIO




SAPEN RADIO MENGEDUKASI TIADA HENTI


 
Latest Agenda
 
 
Polling
Do you think this website has complete information?
Polling Result
Do Not Know
134
Less
198
Enough
143
Good
201
Excellent
1751
 
 
Comparative Study
 
 
Link

Visitor Count:
13.395.952